Kurangi Makanan Manis Saat Sahur Agar Tak Cepat Lemas

Sebagian besar umat Muslim di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa esok hari. Jangan malas bangun sahur karena ini penting untuk menjaga stamina tubuh. Tapi sebaiknya kurangi makanan manis saat sahur karena bisa bikin lemas dan cepat lapar.

"Sebaiknya menghindari makanan yang cepat meningkatkan rasa lapar seperti terlalu manis," tulis DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc dari Departemen Ilmu Gizi FKUI kepada detikHealth, Minggu (31/7/2011).

Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

Menurut Dr Tati, sapaan akrabnya, makanan yang terlalu manis akan meningkatkan gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis, yang akhirnya akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai zat tenaga sehingga tubuh cepat lemas dan mengantuk.

Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kita harus menahan puasa selama 14 jam jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas.

"Saat sahur, makanan tetap dengan pola gizi seimbang terutama cukup protein dan lemak dari lauk-pauk sebagai cadangan energi jangka panjang," lanjut Dr Tati.

Selain protein dan lemak dari lauk-pauk, karbohidrat juga perlu mendapat perhatian. Agar memiliki tubuh yang bugar saat berpuasa, maka menu karbohidrat yang ideal untuk sahur adalah ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah dan buah-buahan.

Jenis karbohidrat ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya rendah dan menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam.

Karbohidrat kompleks ini bisa disimpan di liver dan otot sebagai glikogen (zat sebelum menjadi glukosa). Jika tubuh kekurangan energi, cadangan glikogen inilah yang akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi.

Bila Anda terlambat bangun dan hanya memiliki sedikit waktu untuk sahur, Dr Tati menyarankan untuk mengonsumsi susu dengan serealia sayur, buah, serta air putih. Menu tersebut dapat memberi Anda cadangan energi dengan waktu makan yang sedikit.

(mer/ir)

Sumber: Merry Wahyuningsih - detikHealth --> detikcom

-------------------------------------------------------------------------------

Nah dari artikel di atas, disini kita menemukan solusi sehat untuk pilihan Sahur saat puasa Anda untuk mendapatkan kebugaran, tanpa rasa kantuk berat, dan sekaligus mendapatkan HADIAH yaitu--> Turun berat badan dengan cara yang sehat.

Kami telah mencoba, merasakan dan membandingkan antara sahur dengan nasi (seperti umumnya kita) dengan Sahur diganti dengan pengganti makan produk Herbalife (Nutrisi Shake)

Begini solusinya:

Sahur ini hanya dengan meminum pengganti makan dari Herbalife Nutrisi shake mix. Tidak makan nasi, tidak makan lauk pauk. Cukup dengan produk ini dan air putih pun masih SIp dan ok.

Jika sahur Anda dengan Produk Herbalife, anda akan mendapatkan 3 hal pokok:

SIMPLE : Simple karena, anda atau keluarga anda atau pembantu anda tidak akan repot untuk mikir dan memasak sahur anda, karena Anda tinggal siapkan air dingin 250ml, masukkan ke blender/shaker, tuangkan dua atau tiga sendok takar Herbalife Nutrisi shake, lalu diblender, dan diminum--> sahur selesai dan sisanya tinggal anda minum air putih saja yang cukup.

FUN : Fun / happy karena selain rasanya ENAK (ada coklat, vanilla, berry, dan bisa dicampur), kedua Fun karena menyenangkan hati istri anda atau pembantu Anda, karena tidak perlu masak. dan juga bagi Anda yang termasuk orang yang rajin memperbanyak ibadah, maka dengan simple ini, anda akan merasa fun untuk memiliki lebih banyak waktu di pagi hari untuk menambah porsi ibadah anda.

MAGICAL ; memang terkesan MAGIC ya... karena hanya dengan sahur seperti itu, kebutuhan Nutrisi tubuh untuk sehari penuh TERPENUHI. Badan lebih bugar, tidak cepat ngantuk seperti yang lain yang makan nasi, kerja lebih optimal dan sekaligus mendapatkan BONUS nanti di akhir Puasa yaitu mendapatkan BERAT BADAN turun dengan cara yang sehat..

 

Untuk sahur, dalam hal ini saya mereview ada 3 pilihan bergantung dari target anda masing-masing. misalnya.

Pertama, bagi yang sangat sederhana... yakni anda cukup sahur dengan Shake herbalife seperti penjelasan di atasn dan hanya mencukupi dengan air putih... (ga ada yang lain)

Kedua, bagi yang medium, yang memiliki aktifitas banyak di siang hari. Selain Minum Shake Herbalife di atas, juga ditambah dengan Tablet FIBER&HERBS (tablet pengganti sayuran) dan juga dengan teh Energi NRG

Ketiga, bagi yang lengkap, yang memiliki target pengendalian berat badan yang anda inginkan target tertentu. Selain Shake Herbalife, Fiber&Herbs, tan Teh NRG. Juga ditambah dengan Cell-U-loss (Multivitamin dan mineral yang membantu membakar lemak di bawah kulit anda/selulit), Lipo Bond (tablet pengikat lemak berlebih, jadi dengan minum ini, penambahan lemak karena jenis makan yang anda konsumsi akan terkendali karena akan diikat tidak masuk ke proses metabolisme anda).

 

Untuk konsultasi produk dan lainnya silahkan :


Silahkan Hubungi kami di:

Hubungi kami di:
Ana : Tlp/sms/WA 0812.999.3645 / 087877733788 -- > Pin BB
7C47C5EE
dede : Tlp/sms/WA 0818.08885463 -- > pin BB : 5AEB876A
dede.meki@gmail.com
ana.herdiani@gmail.com

*Metode di atas adalah saran dari kami selaku member, untuk lebih detilnya bisa konsultasi sesuai dengan personalisasi program masing-masing. Yang mana hasil tiap individu bisa bervariasi


I agree. Sweet foods will

I agree. Sweet foods will not last long in our stomach. It can create the feeling of hunger few hours after eating it. - Marla Ahlgrimm


Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
Add image
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Images can be added to this post.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Copy the characters (respecting upper/lower case) from the image.