Tanya jawab hubungan Obesitas dan serangan Stroke

Q: Kenapa kegemukan memicu terjadinya stroke?
A: Karena berat badan dan indeks massa tubuh (IMT) berhubungan erat dengan tekanan darah. Distribusi lemak pada tubuh juga merupakan faktor penting dalam hubungannya dengan hipertensi. Hal inilah yang memicu terjadinya hipertensi, yang pada akhirnya juga memicu stroke.

Q: Bagaimana tekanan darah tinggi berpengaruh pada timbulnya stroke?
A: Tekanan darah yang meningkat terus menerus secara perlahan akan merusak dinding pembuluh darah dengan memperkeras arteri dan mendorong terbentuknya bekuan darah dan aneurisme, yang pada akhirnya akan menyebabkan stroke, terutama pada orang berusia di atas 45 tahun.

Q: Berapa berat badan yang normal itu? Bagaimana cara mengukurnya?
A: Ad acara perhitungan berat badan yang cukup mudah, yaitu dengan menilai Indeks Massa Tubuh (IMT) / (Inggris: Body mass Index (BMI) ) yang merupakan hasil perhitungan dari :

IMT = Berat badan dalam kg/tinggi badan dalam m dikuadratkan

Contoh:
Seseorang dengan berat badan 50kg dan tinggi badan 170cm. Maka indeks massa tubuhnya adalah : 50/1.72 = 17.30
Setelah menghitunga IMT, anda dapat melihat tabel di bawah dan melihat apakah anda termasuk dalam kriteris kelebihan berat badan atau tidak?

Berat badan kurang <18.5kg
Normal 18.5 – 25
Berat badan lebih/overweight 25 – 30
Obesitas >30

Apabila anda termasuk kategori berat badan lebih atau obesitas, resiko Anda terkena stroke akan meningkat sekitar 15%. Sekarang ini juga sering dipergunakan ukuran lingkar pinggang untuk menentukan apakah sesorang kelebihan berat badan atau tidak.

(disarikan sebagian dari buku “stroke dan rehabilitasi pasca-stroke” karya dr. Rudianto Sofwan)

dari tanya jawab singkat di atas, salah satu bagian penting yang menjadi konsennya adalah, bagaimana kita berusaha menghindari serangan stroke di kemudian hari dengan jalan memperhatikan dan mengendalikan berat badan sejak dini.
Masih banyak penjelasan di buku tersebut (anda bisa beli di toko buku), tentang hal-hal yang berkaitan dengan stroke, penyebab-penyebab utamnya dan pencegahan serta perlakuan pasca-stroke.
Selain hipertensi dan obesitas yang dibahas dalam buku tersebut, terdapat pula beberapa pemicu lain misalnya diabetes, kolesterol, dll. Yang semuanya itu, SEMUA BERMULA DARI MAKANAN DAN POLA MAKAN.
Karena telah terjadi pergeseran gaya hidup, varian makanan dan pola makannya, maka semakin tahun jumlah penderita stroke terus meningkat, meskipun stroke ini merupakan Penyebab kematian no. 3 setelah jantung dan kanker. Tetapi yang mengkhawatirkan adalah prevalensinya yang terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama di negara berkembang seperti Indonesia.
Untuk itu, kami selaku konsultan nutrisi independen selalu mengajak dan mengajak kepada semua untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman akan perlunya kita memperhatikan dan mengendalikan berat badan. Karena selain stroke, kelebihan berat badan ini merupakan pemicu utama dari berbagai penyakit degeratif lainnya.
Percaya atau tidak, tetapi itulah bukti dari hasil riset, survei dll yang merupakak bukti tidak terbantahkan kalau makanan dan pola makan yang salah yang mengakibatkan penyakit degeratif itu timbul.


Selain stroke obesitas

Selain stroke obesitas memainkan peranan pada peningkatan tekanan darah.


Kanker Kelenjar Getah Bening

can be solution nomber one

can be solution nomber one <a href="http://proslimtea99.blogspot.com/2015/08/beras-merah-bisa-menurunkan-berat-badan.html/">Beras Merah Bisa Menurunkan Berat Badan</a>


Thank's <a

Thank's <a href="http://sitidedeadawiyah.blogspot.com/2015/08/biaya-operasi-kanker-kelenjar-getah.html"> Biaya operasi kanker getah bening </a>


High blood pressure is

High blood pressure is indeed, a very important factor that mostly affect people. - Dennis Wong YOR Health


Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
Add image
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Images can be added to this post.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Copy the characters (respecting upper/lower case) from the image.