Beberapa Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Beras merah | Manfaat beras merahManfaat beras merah – Beras merah merupakan beras yang belum melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit seutuhnya, sehingga lapisan kulit yang menyelimuti bijirin masih ada. Lapisan kulit inilah yang mengandung nutrisi dan serat yang penting bagi tubuh. Berbeda dengan beras merah, beras putih telah melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit dan hanya tersisa bijirin, sehingga tidak memiliki kandungan serat dan bahkan bisa meningkatkan kadar gula. Hal itu menjadi alasan bahwa mengonsumsi beras merah memberikan manfaat kesehatan lebih baik  jika dibandingkan dengan beras putih. Penjelasan mengenai berbagai manfaat beras merah dapat dijabarkan pada sesi berikut ini.

6 Manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh

1. Kaya akan serat
Beras merah, brown rice atau beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi. Lain halnya dengan beras putih yang hanya mengandung karbohidrat sederhana, beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan.

2. Mengontrol kadar gula darah
Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat. Dengan indeks glikemik yang rendah, beras merah mempunyai andil dalam mengatur kadar gula darah dan juga produksi insulin. Selain itu, beras merah adalah sumber energi baik yang diperlukan tubuh.

 
3. Membuat lebih cepat kenyang
Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Nutrition menemukan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti oatmeal, beras merah dan kentang, akan membuat anda lebih cepat kenyang sampai berjam-jam dan makan tidak lebih dari 320 kalori perhari.

4. Mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas
Beras merah merupakan sumber yang baik untuk zat besi atau mangan. Mangan, yang berperan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh merupakan komponen penting dari enzim dan merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang umumnya terbentuk saat energi diproduksi. Selain itu, beras merah kaya akan zinc, mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Sama halnya dengan zat besi atau mangan, zinc juga kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh.

5. Mengandung Vitamin B6
Dengan mengonsumsi satu porsi nasi merah saja, dapat memenuhi 23 persen dari vitamin B6, jumlah yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan membantu produksi sel-sel DNA.

6. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Beras merah diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi nasi merah, maka akan membantu meningkatkan level kolesterol baik. Oleh sebab itu nasi merah dapat menjadi makanan pokok dan sumber karbohidrat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Itulah beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat..

Note:

Sumber Gambar : Google

Sumber artikel, dari berbagai sumber internet byg google search

 


上品な製品財布コピ

上品な製品財布コピーを持つなら、魅力値をプラス!ファッション!
弊社は自社製品をコピーブランド世界中に販売して。
ッと空洞化しち高級ライン発の財布コピー
商品や情報満載.コピーブランド品質財布が完璧
靴防水性が良く、傷がつきづらい
日本的な人気と信頼を得ています


Do not let what you cannot

Do not let what you cannot do interfere with what you can do. - Dennis Wong


Maaf Bu, salah satu

Maaf Bu, salah satu kekurangan beras merah menurut saya adalah rasanya. Nah, adakah cara untuk mengolah beras merah yang sehat ini tapi tetap enak soal rasanya? Terima kasih. Oiya, salam kenal dari saya admin saranwisata


Beras merah memang cukup

Beras merah memang cukup efektif, dan banyak dijadikan alternatif sumber pangan oleh orang-orang yang ingin mengurangi kadar kalori dalam konsumsi hariannya.


Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
Add image
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Images can be added to this post.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Copy the characters (respecting upper/lower case) from the image.