Kesehatan

Penyebab utama Epidemi Obesitas

Secara global, lebih dari 1 milyar orang dewasa kelebihan berat badan.( David Heber, Ph. D)

dan kecenderungan ini terus meningkat.

Menurt data WHO tahun 2008 saja, penduduk dunia mengalami obesitas sampai 34%, apalagi sekarang. dan Di Indonesia adalah 32%

Jika di bagi menurut Jenis kelamin penduduk Indonesia,  Angka OBESITAS di INDONESIA*  Pria 19,7% ; Wanita 32,9%


10 HABITS THAT MAKE YOU FAT

Decades ago, around the time of Steven Tyler's last haircut, a completely wrong-headed idea started being passed around America's dinner tables: Eating fat makes you fat.

Menurut Dr. Shigeo Haruyama dalam bukunya The Miracle of Endorphin dan dari beberapa sumber lainnya bahwa ‪#‎perut‬ yang ‪#‎buncit‬ merupakan indikasi dari :

- MAKIN BANYAK PENIMBUNAN ‪#‎LEMAK‬ (Lemak di bawah kulit dan Lemak dalam perut/Visceral fat)
- MAKIN BERKURANG MASSA OTOT
- MAKIN BURUK SISTEM PENCERNAAN & PEREDARAN DARAH
- MAKIN BANYAK JUMLAH ‪#‎SEL‬ OTAK YANG MATI
- MAKIN CEPAT TINGKAT ‪#‎PENUAAN‬
- MAKIN TINGGI RESIKO PENYAKIT KRONIS (‪#‎DEGENERATIF‬)
- makin tingginya risiko terhadap penyakit yang secara langsung mengancam jiwa.



Memilih Makanan, Berkalori rendah, bernutrisi tinggi

Memilih makanan memang hak setiap individu.

Memilih makanan jangan hanya mencari kekenyangan semata, karena tubuh kita akan merespon apa yang kita makan tanpa kita sadari.

Contoh yang palin gampang, Anda makan pagi dengan full karbohidrat, dan 'merasa' sehat-sehat saja, sedangkan Organ Pankreas setelah anda makan itu, dia bekerja berat mengeluarkan insulin dalam jumlah yang banyak karena kadar gula darah/glukosa anda pada dasarnya sedang tinggi-tingginya tanpa anda sadari. Oke lah anda merasa tidak apa-apa.. tetapi apakah akan terus begitu?? lantas orang yang kena diabetes misalnya, itu ada asal muasalnya tentunya, terutama diabet 2.


Beberapa Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Beras merah | Manfaat beras merahManfaat beras merah – Beras merah merupakan beras yang belum melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit seutuhnya, sehingga lapisan kulit yang menyelimuti bijirin masih ada. Lapisan kulit inilah yang mengandung nutrisi dan serat yang penting bagi tubuh. Berbeda dengan beras merah, beras putih telah melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit dan hanya tersisa bijirin, sehingga tidak memiliki kandungan serat dan bahkan bisa meningkatkan kadar gula. Hal itu menjadi alasan bahwa mengonsumsi beras merah memberikan manfaat kesehatan lebih baik  jika dibandingkan dengan beras putih. Penjelasan mengenai berbagai manfaat beras merah dapat dijabarkan pada sesi berikut ini.

6 Manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh

1. Kaya akan serat
Beras merah, brown rice atau beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi. Lain halnya dengan beras putih yang hanya mengandung karbohidrat sederhana, beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan.

2. Mengontrol kadar gula darah
Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat. Dengan indeks glikemik yang rendah, beras merah mempunyai andil dalam mengatur kadar gula darah dan juga produksi insulin. Selain itu, beras merah adalah sumber energi baik yang diperlukan tubuh.

 

Berapa kg sebaiknya Turun berat badan dalam seminggu?

Menurunkan berat badan bisa menambah stress terutama bagi yang tidak mau bersabar. Sebenarnya kita mesti tahu dulu, berapa kg turun berat badan yang aman dan sehat dalam seminggu. Mari Cari tahu disini.

Banyak pola diet dengan pola makan yang mempromosikan penurunan berat badan jangka pendek tanpa memperhatikan menjaga berat badan secara jangka panjang. Jadi lebih cenderung untuk kesenangan sesaat. Anda akan mengalami turun berat badan seketika banyak kg tetapi setelah program berhenti anda akan bertambah berat badan lagi.


LRFD dalam sudut pandang Kesehatan

oleh Dede MQ

LRFD (Load and Resistance Factor Design) bagi kalangan Engineer tidak asing tentunya.
Metoda Engineering ini memakai pendekatan probabilitas baik di sisi Pembebanan pada struktur yang dirancang, dan menghitung kapasitas ultimate dari bahan stuktur yang dipakai. Sehingga dengan pendalaman ilmu probabilitas yang handal, maka keluarlah aturan maen dalam men design suatu struktur.
Jadi si Engineer itu saat menghitung akan menggunakan 2 sisi (Load and Resistance) dari rumusan yang telah disepakati oleh para ahli probabilitas baik dari sisi BEBAN/LOAD yang akan terjadi atau KETAHANAN Struktur dan BAHAN yang akan digunakan.

Nah, apa ada hubungannya dengan Tubuh kita? Kalau menurut saya ada. Begini kisahnya.

Pertama, - LOAD – Beban


Sarapan Turunkan Risiko Diabetes

Suatu penelitian terbaru dari New Scientist mengatakan bahwa kebiasaan sarapan dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Para peneliti menyimpulkan, setelah melihat komposisi tubuh dan lipid darah, insulin, gula darah, dan tingkat glycated hemoglobin (HbA1c) yang biasa dipakai untuk mengukur risiko metabolisme ternyata menurun sebesar 74% pada mereka yang tiap hari sarapan.

Ibarat Api, orang akan baru nyadar bahayanya api, saat adanya kebakaran.
Pun begitu, nanti orang akan baru nyadar bahayanya LEMAK PERUT/VISCERAL saat kena akibatnya.
Daaan tentu, kita selalu disadarkan pentingnya Kesehatan saat dikasih sakit.
Salam sehat selalu.

Mari kita bantu untuk mengecilkan lingkar perut dengan pola hidup sehat dan pola makan yang baik.

konsultasi yuk dengan saya :-)


Perhatikan apakah alat olah raga anda menganggur

Barangkali di rumah kita:

Ada sepatu lari tapi belum disentuh.
Ada sepeda yang bagus tapi sudah berdebu
Ada barbel yang selalu teronggok di belakang lemari
Ada pakaian renang yang sudah di tumpukan pakaian paling bawah.

Ada raket badminton yang terus menggantung di gudang

Buatlah mereka senang untuk dipakai berolahraga pagi ini.

Selamat olahraga minggu pagi.

Salam sehat
Salam sarapan sehat


Diabetes Bukan karena Kebanyakan Gula

(sumber Kompas)
Penulis : Lusia Kus Anna

Kompas.com - Dunia sedang menghadapi ledakan penderita diabetes. Data paling baru menyebutkan angkanya mencapai 350 juta orang di seluruh dunia, jauh melebihi prediksi Federasi Diabetes International (IDF) yang memproyeksikan tahun 2010 ada 285 juta penduduk dunia yang akan menjadi korban penyakit yang bisa merenggut penglihatan, bahkan kematian ini.

Menjaga kesehatan dengan pola makan sehat

Selamat pagi.

Saya menyadari bahwa sehat, sakit hanyalah episode hidup.

Tetapi barangkali perlu dicermati intensitas nya dalam 1 bulan atau 1 tahun. Ambil contoh paling kecil, berapa kali anda mengalami sakit kepala dalam seminggu/sebulan.

Berapa kali putra/putri kita mengalami sakit dalam 6bulan.

Berapa kali kita merasa mudah capek dalam seminggu/sebulan.

Disukai atau tidak, fakta kunjungan ke dokter pun hampir 70% karena sering merasa mudah capek dan juga dokter anak paling laku luar biasa.


Visceral Fat (lemak Perut) dan Belly Fat

3 tips utama untuk menghilangkan Visceral alias lemak perut (lemak perut=lemak yang terdapat dalam organ dalam DAN yang di bawah klit perut-Belly Fat):


#1 Tingkatkan bergerak anda / aktivitas
#2 Makan dan minum yang sehat yang mampu membakar lemak secara alamiah
#3 Berikan tubuh anda makanan dan minuman yang bernutrisi seimbang dan vitamin

Mau sederhana dan mudah serta lebih sehat...?


Baik mana Olahraga Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Hasilnya adalah:
1. Kelompok pertama yang tidak berolahraga sama sekali diperoleh rata-rata nik berat badan sekitar 3kg. Dan Mereka juga menunjukkan kondisi tidak sehat yang sering menjadi pemicu diabetes termasuk resistensi insulin.
2. Keompok kedua, Orang-orang yang makan sarapan sebelum berolahraga juga bertambah berat badan (meskipun hanya sekitar setengah sebanyak kelompok pertama) dan memiliki tanda-tanda yang mirip peringatan diabetes.
Kelompok Ketiga, Kelompok yang melakukan olahraga sebelum sarapan, berat badan hampir tidak tidak naik dan tidak menunjukkan tanda-tanda resistensi insulin. Mereka juga membakar lemak makanan tambahan lebih efisien.

Pesan moral dari pakar ini adalah :
Pasang Alarm lebih pagi lagi tiap pagi, dan lakukan olahraga, kemudian bersarapanlah dengan yang sehat di meja anda, dan nikmati olahraga Gym di saat break makan siang (jika mau)

Arikel Lengkap :
http://www.mensfitness.com/nutrition/what-to-eat/breakfast-before-or-after-a-workout
#Olahraga sebelum atau sesudah #Sarapan #sehat ?
Let's go for #healthy #life #style


Kebiasaan Tidak Sarapan, Berisiko Naik Berat Badan

Anda biasa melewatkan sarapan karena sibuk? Atau sengaja melewatkan karena takut gemuk? Awas, jangan sampai Anda salah kaprah, masalahnya jika Anda melewatkan sarapan malah justru bisa meningkatkan berat badan Anda. Nih simak penjelasan dr. Adithia Kwee disini. >> http://bit.ly/1ptk9tv

Ingin mendapatkan Sarapan yang Singkat, sederhana dan Sehat???

Anda cukup dengan SARAPAN SEHAT SATU MENIT (SSSM).


:: Baca Dulu Artikelnya, jangan jadikan excuse ::::

Misal tertulis begini:
"Dari penelitian itu diketahui kenapa 74% wanita pada akhirnya menikah atau berpacaran dengan pria berperut berisi bukan six pack. Alasannya adalah karena wanita menjadi tidak percaya diri dengan tubuh mereka saat berhadapan dengan pria bertubuh sempurna"

Jadi.... itu karena alasan 'dirinya' bukan alasan memilih pria buncit atau sixpack nya... ha..ha..ha..

Mau tubuh langsing denga cara sehat?

Salah satu Mitos Diet yang harus dihindari adalah


"Tidak makan malam"

Tidak ada alasan untuk menghindari makan malam karena tubuh Anda tidak berhenti berfungsi walaupun saat berada dalam kondisi tidur. Proses tubuh untuk bertahan hidup, regenerasi sel tubuh, dan produksi hormon pertumbuhan tetap akan membakar kalori. “Selama asupan makanan harian Anda tidak melebihi kebutuhan, maka berat badan Anda tidak akan bertambah walaupun makan di malam hari,” .

Jangan remehakan tahu yang kaya manfaat

Jangan remehkan tahu. Makanan ini kaya kandungan protein dan rendah lemak. dalam 240 gram tahu mengandung protein yang setara dengan 75 gram steak. Selain itu juga mengandung kadar selenium yang tinggi, mineral yang membantu melawan berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat yang mengancam kejantanan Anda


Tentang Diabetes

Seperti yang telah anda ketahui bahwa terdapat tiga jenis type diabetes secara umum. Yang pertama adalah type 1 diabetes yang juga dikenal sebagai Juvenile diabetes, kemudian type 2 diabetes dan yang ketiga adalah jenis diabetes yang sering diderita oleh ibu hamil yang lebih dikenal dengan sebutan gestational diabetes.


Tanya jawab hubungan Obesitas dan serangan Stroke

Q: Kenapa kegemukan memicu terjadinya stroke?
A: Karena berat badan dan indeks massa tubuh (IMT) berhubungan erat dengan tekanan darah. Distribusi lemak pada tubuh juga merupakan faktor penting dalam hubungannya dengan hipertensi. Hal inilah yang memicu terjadinya hipertensi, yang pada akhirnya juga memicu stroke.

Q: Bagaimana tekanan darah tinggi berpengaruh pada timbulnya stroke?
A: Tekanan darah yang meningkat terus menerus secara perlahan akan merusak dinding pembuluh darah dengan memperkeras arteri dan mendorong terbentuknya bekuan darah dan aneurisme, yang pada akhirnya akan menyebabkan stroke, terutama pada orang berusia di atas 45 tahun.

Q: Berapa berat badan yang normal itu? Bagaimana cara mengukurnya?