Perbedaan orang Dewasa dengan anak-anak dalam suatu kesalahan

oleh dede meki

Suatu masalah timbul bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk di dalamnya karena telah terjadi SUATU KESALAHAN.

Kesalahan yang diperbuat oleh seseorang yang tingkat sosial yang lebih tinggi biasanya mengakibatkan pengaruh yang jauh lebih besar jika yang melakukan kesalahan dibuat oleh orang yang tingkat sosialnya lebih rendah.

Akan makin berbeda jika yang malakukan kesalahan adalah anak-anak.

Perbedaan antara kesalah yang dilakukan oleh orang dewasa dengan anak-anak adalah sebagai berikut:

'Anak-anak melakukan kesalahan pada umumnya karena dia 'MENIRU' apa yang dia pernah dan sering lihat, sedangkan orang dewasa melakukan kesalahan pada umumnya karena dirinya telah merancang, minimal dalam fikirannya untuk melakukan kesalahan itu dimana dirinya sendiri (pada dasarnya) sudah mengetahui akan kesalahan itu'

Misal, seorang anak setingkat SMP mengendarai motor di jalan raya tidak menggunakan Helm dan tentu belum memiliki SIM (surat izin mengemudi). Dia melakuak kesalah itu pada umumnya lebih cenderung karena dia MENIRU orang yang dewasa lainnya melakukan hal yang sama yang sudah terbiasa dalam masyarakat. Lebih-lebih lagi sang orang tua dan lingkungan seolah-olah 'MENGIZINKAN' anak tersebut untuk mengendarai motor di jalan raya. Berbeda bagi orang dewasa ketika mengendarai motor tidak mengenakan Helm lebih-lebih lagi tidak memiliki atau membawa SIM, maka kesalah orang dewasa yang ini lebih kepada memang sudah 'dirancang' dan dilakukan dengan mengetahui kesalahan itu. Tetapi karena oleh sebab tidak ada petugas atau jarang ada petugas di jalan, sehingga otak dan fisiknya bisa dibuat untuk melaksanakan rancangan rencana dan niat tersebut hingga teraktulaisasi.

Begitulah... sungguh benar dengan firman Allah swt dalam al quran, bahwa Allah tidak akan merubah suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya.

Wallahu A'lam

wassalam

dede

dedemeki@fai-kao.com

dedemeki@centrin.net.id


Healthy lifestyle is what a

Healthy lifestyle is what a lot of people are aiming for right now. However, it takes time to fully understand the meaning of discipline. - Bobby Price


Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
Add image
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Images can be added to this post.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Copy the characters (respecting upper/lower case) from the image.