Menzalimi diri sendiri dan orang lain, bisa juga bermula dari HANYA sebuah prasangka

Oleh: Dede MQ

Zalim dalam pengertian yang umum adalah, bertindak yang bersifat menganiaya, merampas hak, baik itu kepada Allah, kepada diri sendiri maupun orang lain.

Khusus untuk zalim kepada orang lain dan diri sendiri, tanpa disadari, ketika seseorang bertindak zalim itu sering dimulai dari hanya sebuah 'PRASANGKA’.

Maksudnya, apabila seseorang bertindak atau melakukan sesuatu terhadap orang lain berdasarkan sebuah prasangka, dan kemudian prasangka sebagai dasar perbuatan itu terbukti tidak sesuai dengan kenyataan sedemikian sehingga mengakibatkan orang lain itu menjadi tersakiti dan teraniaya, maka berdosalah orang itu karena telah berlaku zalim kepada orang lain. Padahal, jika seseorang tersebut tidak mengambil pilihan untuk berprasangka demikian maka tidak perlu adanya tindakan/perbuatan seperti itu dan orang lain tidak jadi tersakiti.
Maka, berhati-hatilah berprasangka, karena prasangka itu SEBAGIAN BESAR SALAH.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ
“Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah oleh kalian kebanyakan dari persangkaan (zhan) karena sesungguhnya sebagian dari persangkaan itu merupakan dosa.” (Al-Hujurat: 12)

Apa contoh sebuah prasangka yang mengakibatkan seseorang menzalimi diri sendiri? Seorang perokok berat tidak bisa menghentikan kebiasaanya merokok karena dengan prasangka/anggapan bahwa dengan merokok perasaan lebih tenang, atau dengan merokok pergaulan bisa menjadi lebih dekat, dll padalah secara fakta merokok itu merugikan tubuhnya sendiri. Dan perasaan tenang dan pergaulan itu tidak sama sekali karena sebatang rokok. Jika orang tersebut menyadari bahwa tubuh ini adalah titipan oleh Allah swt untuk dijaga kesehatannya. Dan jika tubuh yang merupakan titipan ini semakin rusak karena merokok, maka orang tersebut telah berbuat zalim pada diri sendiri. Dan itu berlaku oleh sebab sebuah prasangka yang begitu kuat dari diri perokok itu sendiri.

Banyak sekali contoh-contoh lainnya, dan apabila seseorang yang selalu melandaskan segala fikiran, perkataan dan perbuatan kepada Al-Islam maka, dimana salah satu ajarannya seperti dalam surat Al-Hujurat ayat 12 di atas untuk menjauhi segala prasangka, maka tindakan zalim insya Allah akan terjauhkan dari kita.


Wallahu ‘Alam


Wassalam
Dede   
Silahkan baca lengkap tetang zalim di link berikut:
Zalim


Independence makes some

Independence makes some people happy. The only reason is that they were able to be out of control by other people. -  Dennis Wong YOR Health


Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
Add image
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Images can be added to this post.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Copy the characters (respecting upper/lower case) from the image.