Belajar Caranya Belajar

Penyair Tao Yunming adalah salah satu budayawan terkemuka yang hidup di Zaman Dinasti DOng Jin (Jin Timur).
Suatu ketika ia di datangi oleh seorang anak muda dan ia mengatakan, "Mister Tao, Anda adalah cendekiawan yang paling saya
kagumai. Selain terpelajar, pintar, dan bijak, Anda juga terkenal sebagai guru yang mumpuni. Bisakah Anda mengajari saya bagaimana cara belajar yang paling baik?"

Sambil menatap dalam-dalam mata si anak muda, Tao berkata, "Tidak ada cara terbaik. Kalau maksimal, kamu akan maju, kalau kendur, kamu ketinggalan.

Si anak muda mendengarkan dan menunggu keterangan berikutnya dari Tao.

Menyadari anak muda ini belum faham, Tao meraih tangannya dan membawanya ke taman. Ia menunjukkan sebuh tunas pohon dan berkata, "Cermati tunas itu. Apakah kamu melihat tidak itu tumbuh berkembang?"

Si Anak muda menatap tunas pohon yang ditunjuk Tao Yunming cukup lama dan Menjawab, "Tidak, saya tidak melihatnya berkembang."

Tao menyahut, "Benarkah? Lalu bagaimana ceritanya sampai tunas itu bisa menjadi pohon yang besar kelak?" Ia Melanjutkan, "Sesungguhnya, tunas itu tumbuh dan berkembang setiap saat. Namun kita tidak bisa melihatnya dengan kasatmata. Sama halnya dengan BELAJAR. Pengetahuan kita terkumpul sedikit demi sedikit. KAdang kita tidak menyadarinya. Namun, Bila secara konsisten melakukannya, Kamu akan membuat kemajuan besar."

Si anak muda masih terbengong.

Masih dengan mengenggam tangan si anak muda, tao menunjuk 'Wungkal' (Batu asah untuk mengasah pisau) di susu sungai dan berkata, "Mengapa sisi cembung dari batu itu berubah menjadi cekung seperti sadel kuda?"

"Karena setiap hari dipakai orang untuk mengasah pisau, " Jawabnya

Tao bertanya lagi, "Lalu, kapan persisnya batu itu mulai menjadi cekung?"

Si anak muda tidak menjawab; hanya menggeleng-gelengkan kepalanya.

Tao Berkata lagi, "Itu karena para petani memakainya setiap hari. BELAJAR adalah PROSES yang sama. Kalau KAMU tidak Konsisten melakukannya, Kamu akan Mandek!"

Si anak muda ini akhirnya Mafhum. Ia berterima kasih kepada Tao Yunming. Tao kemudian menuliskan kata-kata ini untuk di bawa pulang si anak Muda.:

"Belajar dengan TEKUN itu layaknya sepertoi sebatang TUNAS di musim semi. Tunas tumbuh berkembang, meskipun kita tidak bisa  melihat prosesnya setiap saat.
Mengendurkan Gairah Belajar ibaratnya seperti tidak menggunakan 'wungkal' (Batu asah). Kamu akan KEHILANGAN, kalau tidak belajar dengan KONSISTEN"

Pesan pertama dari metafora di atas adalah, "agar pembelajaran bisa efektif, dibutuhkan pendekatan yang konsisten dan persisten".
banyak orang yang memulai pembelajaran dengan penuh gairah dan energik, namun tidak berapa lama langsung kedodoran dan kelihangan api semangatnya. Lebih bijak belajar secara berkala dan tekun

Kedua, Seorang Trainee (peserta program) yang baik sadar bahwa pembelajaran harus diulang-ulang agar tidak mendek dan memudah keampuahannya.

Ketiga, Perusahaan tempat dimana trainee bekerja, seyogiyanya menyediakan lingkungan belajar secara alokasi waktu yang cukup, yang memungkinkan trainee mengulang pembelajarannya secara berkala. Disinilah pentingnya perusahaan memiliki "COACH" yang mumpuni.
Sebuah penelitian dair Laabs, menyimpulkan bahwa :
"Peningkatan dalam produktivitas untuk training saja : 22%
ketika training di baarengi dengan Coaching peningkatannya melonjak 88%"

Dari buku seri NLP Pak R.H. Wiwoho

www.fai-kao.com


There is no reason why

There is no reason why people wonder. Most especially that it matters to all. - Morgan Exteriors


Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
Add image
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Images can be added to this post.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Copy the characters (respecting upper/lower case) from the image.