Apa Hikmah dari Film Kung Fu Panda ?

BE YOUR SELF!!

Oleh : D2MQ www.fai-kao.com

Film cartoon kungfu panda produksi DreamWorks Animated ini telah di release Bulan Juni 2008 dan sedang di tayangkan di beberapa tempat pemutar film.
Di sini saya tidak bermaksud menceriterakan film itu sendiri tetapi hanya mencoba berusaha mencari sedikit hikmah dari film yang berangkutan.
Semenjak saya menonton film Kungfu Panda dengan anak saya, saya terus menerus berusaha untuk berfikir, sekiranya apa gerangan yang bisa kita sampaikan kepada anak-anak kita atau kerabat kita dari film ini.
Dan Alhamdulillah setelah berusaha untuk berniat mencari hikmah dari film ini, walau hanya cartoon, dengan dasar suatu keyakinan, Pembuat film tersebut adalah manusia juga sama seperti kita merupakan ciptaan Allah SWT yang diberikan akal dan fikiran untuk menyampaikan sesuatu, baik sengaja atau tidak sengaja, baik tersirat maupun tersurat, baik diakui atau pun tidak diakui.

Berikut kurang lebih apa yang bisa saya sampaikan kepada anak-anak kita dan juga kepada kerabat kita adalah ”BE YOUR SELF” Jadilah diri anda sendiri yang sesungguhnya..!

Seperti di diceriterakan dalam film, bahwa si Panda yang benama Po, merupakan anak dari seekor angsa penjual mie terkenal di Desa itu dan memiliki cita-cita agar Po meneruskan perjuangan sebagai penjual mie. Akan tetapi Po memiliki cita-cita yang berbeda yaitu ingin menjadi pendekar kung fu. Padahal si Angsa akan memberikan “Resep Rahasia” untuk membuat mie pada saat Po siap. Cerita singkatnya, di Istana Giok yang dipimpin oleh guru besar Oogway sang kura-kura tua (ingat film dragon ball? Si kura-kura tua itu.. kurang lebih begitulah...) mengumumkan akan menentukan dan mencari sosok yang cocok untuk menjadi Pendekar Naga (Dragon Warrior) dan akan berhak mendapatkan ilmu kungfu tertinggi yang terdapat dalam Gulungan jurus kungfu yang disebut Gulungan Naga.
Singkat Cerita dalam acara pemilihan Dragon Warrior, yang waktu itu terdapat 5 kandidat kuat, yang dikenal dengan Furious Five yaitu Tigress (macan), Crane (bangau), Mantis (belalang), Viper, dan Monkey; yang telah disiapkan Master Shifu dengan tidak disangka-sangka Oogway memilih Po yang waktu itu dia memaksa masuk ingin melihat pertunjukan dan terlempar sehingga jatuh tepat di tengah-tengah arena. Dan pada saat Oogway menunjukkan telunjuknya dan tepat kepada Po sehingga terlihat seperti ”kebetulan” atau ”kecelakaan” yang mengakibatkan Po terpilih menjadi Dragon warrior.


Kemudian Shifu mempertanyakan apakah ini merupakan suatu kesalahan atau kebetulan sehingga Oogway memilih Po yang notabene tidak bisa kungfu sama sekali. Jawaban Oogway bermakna juga (menurut saya) dia jawab bahwa pemilihan dragon warrior kepada Po tidak ada kesalahan dan tidak ada faktor kebetulan, karena Po lah yang telah ditentukan oleh takdir yang akan menjadi dragon warrior. Dan kalau Shifu menyangsikan Po, sudah menjadi keputusan, Shifu sebagai wakil Oogway harus mengajari Po untuk bisa kungfu.
Selanjutnya, pertanyaan Tigress kepada gurunya, kenapa dia tidak terpilih, padahal dia telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi murid terbaik. Jawaban Shifu adalah ”Bukan takdirmu untuk menjadi Dragon warrior..” –inilah konsep hidup kita sebenarnya--.
Singkat cerita lagi, setelah menjalani latihan yang disajikan lucu dan menarik, pada akhirnya Shifu berangsur-angsur mengakui keahlian Po walau tidak 100% atau dengan kata lain tetap menyangsikan kemampuan Po untuk melawan Tai Lung (Macan putih) ----mantan murid Shifu yang ”bernafsu” ingin menjadi Dragon warrior, yang kemudian menjadi lawan Po --.


Pada saat Gulungan Naga (ilmu tertinggi Dragon warior) diambil dan diberikan kepada Po, ternyata dalam gulungan itu tidak tertulis ilmu jurus apapun, hanya kosong dan merupakan lembaran kosong berbahan yang mengkilap bak cermin, dan kalau dilihat seperti cermin biasa saja yang bisa merefleksikan wajah kita sendiri. Sehingga  semua yang di sana kaget, termasuk Shifu, ”..Lho.. kok blank”, tetapi menurut Shifu, karena Po telah menjadi tepilih dan di berhak membawa gulungan itu, apapun isinya ataupun ga ada isinya, gulungan itu harus dibawa Po. Dan karena kesangsian Shifu kepada Po, sehingga untuk melawan Tai lung, Shifu bertekad untuk melawannya sendiri dan memerintahkan Po dan Furious Five membawa orang-orang dari Istana Giok keluar untuk meninggalkan, karena bisa jadi istana giok akan hancur karena akan ada pertempuran Shifu dengan Tai Lung.
Dengan semuanya  lesu, termasuk Po, mereka meninggalkan Istana Giok.

Dalam perjalanan Po kembali bertemu dengan ayahnya. Pertemuan dengan ayahnya lagi inilah Po menemukan rahasia di balik Gulungan Naga yang kosong itu. Pada saat itu ayahnya merasa sudah waktunya untuk memberikan ”Resep Rahasia” membuat mie yang telah di janjikan... Dan apa yang terjadi... di ayah (angsa) mengatakan bahwa.... ”sesungguhnya resep rahasianya adalah...... NOTHING!.... Tidak ada.... dan itu lah rahasia-nya...” dan Po langsung ingat bahwa gulungan naga yang ia peroleh dan dibawa sama juga NOTHING.... Tidak ada.. alias Kosong.. Dan ia membuka kembali dan disitulah kelihatan wajah Po sendiri (karena cermin), dan ia merasakan bahwa ”Saya adalah Saya dan Saya adalah  Panda dan saya telah terpilih menjadi dragon warior dan saya adalah Panda yang kuat” (=Panda Besar adalah beruang sejati dan termasuk keluarga Ursidae, yang kuat dan buas)..

Sehingga dengan kekuatan pengakuan keadaan asli dirinya yang merupakan seekor ”PANDA” maka, di kembali ke Shifu yang waktu itu sedang kalah oleh Tai Lung, dan kemudian terjadilah pertarungan antara Tai Lung dengan Po. Setelah menjalani pertempuran perebutan gulungan naga, akhirnya Tai Lung berhasil merampas Gulungan itu dan menemukan ternyata hanya kosong.. dengan heran dan kesal di memukul-mukul Po tetapi Po yang telah menemukan kekuatan dirinya sebagai seekor Panda, sehingga dia tidak merasa kesakitan malah geli akibat pukulan Tai Lung yang ”hanya” seekor harimau. Dan singkat cerita, berhasillah Po sang Panda mengalahkan Tai Lung, si Harimau putih sang pendekar sakti dengan hanya mengandalkan kekuatan dirinya sebagai seekor Panda. Yang Notabene sesungguhnya Panda, merupakan seekor hewan termasuk beruang, yang kita ketahui, seberapa kuat yang namanya hewan Beruang kan?. Hanya saja Po atau Panda belum bisa mengakui dan menerima dirinya sebagai bagian dari beruang yang notabene telah ditakdirkan berbadan kuat dan bertenaga besar.

Demikian lah kurang lebih cerita singkatnya. Dan dari Film ini, saya berusaha untuk mencoba mengambil hikmah dari film ini, diantaranya:

  1. Kita Hidup sudah dalam takdir Allah SWT sebagai Tuhan Maha pencipta, pemelihara dan penentu segalanya. Pada saat pemilihan Dragon warior, siapa yang akan menyangka kalau Dragon Warrior yang tepilih ternyata Po seekor panda yang tidak bisa kungfu dan dinilai pemalas ini? Dan siapa sangka ternyata Po yang berhasil ”membaca” rahasia di balik Gulungan Naga tersebut? Dan Siapa sangka ternya Po yang berhasil mengalahkan Tai Lung? Sedangkan Tigress tidak mampu bahkan Shifu pun tidak mampu?
  2. Setiap keputusan yang terjadi pada diri kita atau di dunia ini, bukanlah merupakan suatu ”kebetulan” atau ”kesalahan” tetapi merupakan suatu ketetapan yang telah direncanakan oleh Allah SWT . Pada saat Shifu bertanya kepada Oogway, apakah pemilihan Po merupakan suatu kesalahan atau kebetulan??.  Dan  jawaban Oogway ” Keputusan ini dibuat dengan Tidak ada kesalahan dan tidak ada faktor kebetulan, Panda itulah yang telah ditakdirkan menjadi Dragon warrior.
  3. Untuk memiliki kekuatan dalam mengarungi kehidupan ini, cerminkanlah dan fikirkanlah bahwa Diri kita sesungguhnya memiliki karakter dan kekuatan sendiri untuk menjalani kehidupan ini. Atau dengan kata lain ”BE YOUR SELF” Jadilah diri anda sendiri. Menjadi diri kita sendiri sebagai Makhluk Allah SWT yang diberikan kekuatan untuk menjalani kehidupan ini untuk berbuat yang berguna bagi kehidupan kita dan orang lain di sekitar kita untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan Dunia dan akhirat. Dan kekuatan yang telah diberikan itu, tetap akan dimintai pertanggunjawaban karena kita bertanggung jawab. Sebagaimana Po yang telah terpilih menjadi Dragon warrior dan diberikan kekuatan untuk mengalahkan Tai Lung sehingga dia memiliki tanggung jawab sebagai Dragon Warrior dan akan mempertanggung jawabkan posisi Po sebagai dragon warrior, paling tidak, masyaratak sekitar Istana Giok mengandalkan Po untuk melindungi mereka dari musuh.

Demikian lah uraian hikmah film Kungfu Panda semampu dan sepengetahuan saya.
Mohon ma’af andaikan terdapat kata-kata yang kurang mengenakkan atau kurang pas susunannya. Satu kata terakhir, semoga bermanfaat.

Wassalam
Dedemeki
www.fai-kao.com


i wawww .. tengso.. so.. so

i wawww .. tengso.. so.. so much ya ..


It is really a nice movie

It is really a nice movie that teaches good lessons in life. - Paradise Home Improvement Charlotte


Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
Add image
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Images can be added to this post.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
Image CAPTCHA
Copy the characters (respecting upper/lower case) from the image.